Selasa, 21 Mei 2019

Tips Membedakan Spare Part Motor Asli dan Palsu


Sepeda motor saat ini memang jadi alat transportasi terbaik untuk menemani aktifitas sehari – hari, sehingga sepeda motor yang Anda miliki tersebut haruslah dirawat di setiap waktu, agar performanya tetap terjaga. Seiring pemakaian, suku cadang atau spare part perlu diganti dengan yang baru. Nah, agar kemampuan sepeda motor Anda tetap optimal seperti saat baru pertama kalinya dibeli, lebih baik Anda gunakan spare part motor yang asli. 

Tapi sangat disayangkan sekali di pasaran ada banyak banget spare part motor palsu yang dijual oleh penjual – penjual nakal. Bahkan harga spare part palsu tersebut dijual lebih murah daripada yang asli. Makanya melalui artikel ini akan kami ulasakan kepada Anda tentang beberapa tips membedakan spare part motor asli dan palsu. Silakan di simak ulasan selengkapnya.

Tips Membedakan Spare Part Motor Asli dan Palsu

Pastikan kondisi produk dan kemasan dalam keadaan bagus

Penjual spare part palsu pastinya akan berusaha untuk membuat pengemasannya mirip dengan asli. Tetapi Anda tentu saja tidak boleh terkecoh akan hal demikian, apalagi membeli spare part dengan kemasan yang sudah terbuka. Pastikan kemasan spare part-nya dalam keadaan bagus, yakni tidak sobek atau pun terbuka. Sebaiknya Anda membeli spare part di tempat terpercaya atau yang sudah bekerjasama dengan APM (Agen Pemegang Merek).

Pastikan stiker barcode tertera di kemasan spare part

Untuk menghindari Anda mendapat spare part palsu, maka Anda perlu memastikan stiker barcode tertera di kemasan spare part yang Anda beli masih dalam kondisi baik. Spare part yang asli biasanya ketika dilakukan proses scan barcode sesuai dengan produk spare part yang diinginkan. Misalnya saja untuk produk spare part Honda Genunie Part atau HGP yang dikeluarkan oleh AHMA memiliki fisik barcode dalam bentuk 2D atau 2 Dimensi, bahkan tidak dicetak di kemasannya. 
Perhatikan kondisi fisik spare part yang akan dibeli

Pada saat Anda akan membeli sebuah suku cadang yang baru untuk sepeda motor kesayangan, silakan perhatikan dengan baik kondisi kemasan dan fisik part yang hendak dibeli. Jangan sampai parts yang Anda beli tersebut ternyata palsu. Bila perlu Anda bisa meminta kepada pihak toko untuk memperlihatkan parts jika memang masih terbungkus rapat dalam karton. Contohnya saja pada jenis produk kampas rem yang sering sekali kita temui di pasaran, untuk kampas rem asli umumnya memiliki lining pad yang kasar, dan berwarna abu – abu tua dengan serbuk tembaga.

Memiliki label hologram yang bagus

Misalnya saja untuk spare part atau suku cadang sepeda motor yang asli keluaran Yamaha biasanya akan ada label stiker hologram yang menempel pada kemasannya. Dan hal ini biasanya juga tertera pada spare part dari merek atau brand lainnya. Stiker untuk produk spare part asli pastinya tidak akan mudah terlepas dan logonya dicetak dengan jelas. Selain hal tersebut, stiker hologram spare part yang asli biasanya juga dicetak dengan warna keemasan bukannya berwarna kuning.

Oh iya, khususnya nih buat Anda yang kebetulan sedang mencari spare part Yamaha asli, maka Anda bisa membelinya secara online via Parts Catalogue. Parts Catalogue atau Yamaha Part Electric Catalogue ini adalah tempat yang paling tepat untuk mendapatkan suku cadang asli. Menariknya, di sini Anda juga akan lebih dimudahkan lagi untuk melakukan pengecekan part number, membuat purchase order, dan lain – lain. 

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips membedakan spare part motor asli dan palsu. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Membedakan Spare Part Motor Asli dan Palsu